5 Skill atau Keahlian yang Wajib Kamu Miliki Dalam Bekerja

Skill dalam bahasa Indonesia berarti kemampuan, keterampilan, atau keahlian yang mencakup pengetahuan, kompetensi, dan kemampuan dalam melakukan tugas. Skill ini dapat dikembangakan dalam kehidupan sehari-hari, pengalaman bekerja dan dapat dipelajari melalui studi. Ada berbagai jenis skill dan beberapa lebih mudah diakses oleh sebagian orang daripada yang lain berdasarkan ketangkasan, kemampuan fisik dan kecerdasan.

Skill juga dapat diukur dan ditentukan tingkatnya dengan menggunakan tes. Sebagian besar pekerjaan membutuhkan banyak keahlian, ada juga beberapa keahlian yang lebih berguna untuk profesi tertentu daripada yang lain.

 

5 Skill yang Harus Dimiliki dalam Bekerja

Dalam kesempatan ini, kami akan membocorkan beberapa keahlian yang harus kamu miliki dalam bekerja. Berikut ini 5 Jenis Skill yang harus dimiliki untuk bekerja:

skill dalam bekerja

Hard Skill

Hard Skill merupakan salah satu keahlian atau keterampilan teknis yang harus dimiliki untuk mendukung kita dalam mengerjakan pekerjaan. Hard skill dapat kita kuasai dengan melakukan latihan, karir, dan pendidikan. Contohnya:

  • Keahlian dalam menggambar.
  • Keahlian dalam memasak.
  • Keahlian menggunakan komputer.
  • Keahlian menggunakan bahasa asing.

Soft Skill

Soft Skill sendiri merupakan kemampuan yang berasal dari perilaku atau sifat pribadi seseorang yang dapat menentukan bagaimana cara mereka bekerja. Contohnya dapat dilihat dari:

  • Kerja sama tim.
  • Berkomunikasi.
  • Adaptasi.
  • Kreatif.

Transferable Skill

Transferable Skill ini suatu keahlian atau keterampilan yang dapat di transfer dari pekerjaan satu ke pekerjaan lainnya. contohnya:

  • Skill kepemimpinan (kemampuan manajerial, mengambil resiko, menentukan tujuan, mencari solusi & membangun tim).
  • Skill komunikasi (cara berkomunikasi dengan lisan atau tulisan, memberikan tanggapan, & menerima masukan)
  • Upskilling merupakan suatu pelatihan terhadap keterampilan baru dikarenakan tuntutan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin berkembang. Misalnya ada karyawan HR di salah satu perusahaan akan melakukan recruitment, seiring dengan berkembangnya teknologi seperti email, zoom, calendar online maka karyawan tersebut harus belajar menggunakan alat tersebut untuk mempermudah proses recruitment.

Reskilling

Reskilling suatu pelatihan untuk mengembangkan skill yang sudah dimiliki sebagai bekal dalam posisi yang berbeda dan dapat memenuhi kebutuhan pasar. Misalnya, seseorang bekerja sebagai admin media sosial untuk meningkatkan keterampilannya maka ia akan mengambil pelatihan digital marketing.

 

Meningkatkan Skill akan memberikan manfaat yang luar biasa dalam kehidupan profesional maupun pribadi. Kamu dapat membuka pintu baru untuk peluang yang lebih baik. Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan kamu:

 

  1. Catat skill yang kamu miliki.
  2. Buat list skill yang akan kamu tingkatkan.
  3. Berikan dedikasi yang optimal untuk meningkatkan skill kamu dengan investasi.
  4. Tetapkan tujuan dan pencapaian yang realistis.
  5. Mencari dan menemukan coach/mentor.
  6. Dapatkan dukungan dari orang-orang terdekat.
  7. Memonitor kemajuan skill kamu.
  8. Nikmati prosesnya.

Buat kalian bisa dicek apakah sudah punya semua skill tersebut? Kalo belum menguasai semuanya atau mau mencoba untuk meningkatkan skill bisa banget mulai menerapkan langkah-langkah diatas.

Post a Comment:

+62 812-2747-8988
info@ikigaiguild.com