What is Ikigai ?.

Ikigai adalah sebuah konsep dari Jepang yang menginspirasi kami mendirikan Ikigai Consulting. Ikigai Consulting Hadir untuk membantu setiap manusia menemukan tujuan dari apa yang dikerjakan baik untuk diri sendiri maupun organisasi. Kami percaya kesuksesan yang hadir pada setiap orang maupun organisasi adalah karena mereka telah menemukan tujuan dan makna dari apa yang mereka kerjakan.

 

Secara harfiah Ikigai meliputi “iki”, yang berarti kehidupan dan “gai”, yang berarti nilai. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh psikiater (Kamiya, 1966), menemukan bahwa manusia merasa bahagia dan bermakna karena menemukan arti keberadaannya melalui resonansi antara satu manusia dengan yang lain. Kemudian, penelitian tersebut dilanjutkan oleh Garcia dan Miralles (2016) dalam buku “Ikigai The Japanese Secret To A Long And Happy Life”, bahwa ada empat aspek untuk menemukan arti keberadaan itu, yaitu passion, profession, vocation, dan mission.

 

ikigai

Our Focus.

Passion

Passion adalah bagian dari Ikigai yang berupa irisan dari melakukan apa yang kamu suka (minat) dan apa yang kamu kuasai (skill).
Seperti halnya kamu suka bermain musik, dan kamu menguasai skill musik tersebut, sehingga dalam melakukan hal tersebut kamu merasa senang dan bahagia.

Profession

Profession adalah bagian dari Ikigai yang berupa irisan dari melakukan apa yang kamu kuasai (skill) dan mendapatkan penghasilan dari hal tersebut.

 

Seperti halnya kamu menguasai bidang UI/UX Designer dan mendapatkan penghasilan atas pekerjaan itu untuk memenuhi kebutuhan.

Vocation

Vocation adalah bagian dari Ikigai yang merupakan irisan dari mendapatkan penghasilan dari suatu pekerjaan yang menjawab kebutuhan dunia.

Sehingga vocation bukan hanya wadah untuk mencari penghasilan tetapi juga wujud untuk mengaktualisasikan diri.

Seperti halnya seorang desainer yang membuat desain mengenai suatu produk untuk membantu masyarakat memahami fungsi dan benefit suatu produk. Selain designnya dapat membantu banyak orang, ia juga mampu mendapatkan penghasilan dari pekerjaannya.

Mission

Mission adalah bagian dari Ikigai yang merupakan irisan dari melakukan apa yang kamu suka dan apa yang dibutuhkan dunia.
Seperti halnya seorang karyawan yang juga mempunyai sampingan sebagai pengajar karena dia merasa mengajar adalah spiritual calling pribadinya.

Slide

Our Purpose.

To evolve humanity into purposeful and compassionate being.

Kami bertujuan untuk mengembangkan manusia menjadi seseorang yang memiliki tujuan hidup dan memiliki rasa belas kasih terhadap sesama.
Kami dapat mewujudkan tujuan dengan menemukan perjalanan karir pada setiap orang untuk terus meningkatkan produktivitasnya.

Slide

Our Commitment.

Compassion, Curious, Courage

Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan dengan sepenuh hati,
kami akan terus memperluas penguasaan pada bidang kami
dan akan terus berani membuat perubahan demi kemajuan bersama.

We Use Scientific Based Approach.

Pendekatan yang kami gunakan adalah Strength Based Approach.

Berdasarkan Gallup Research (2016) pendekatan yang kami pilih telah membuktikan bahwa seseorang yang fokus pada penggunaan kekuatan mereka 3X lebih mungkin memiliki kualitas hidup yang lebih baik dan 6X lebih mungkin untuk dapat terlibat dalam pekerjaan mereka. Selain itu, apabila pendekatan ini diterapkan pada tim, mereka akan memiliki tingkat produktivitas 12,5% lebih besar setiap harinya, dan lebih memungkinkan untuk mencapai tujuan mereka.

Fokus pada kekuatan alami Anda dan bagaimana cara mengoptimalkannya, menjadi lebih produktif dan penuh perhatian, dan membangun bakat alami yang kita miliki.

Women Behind Ikigai.

Stigma peran yang ada pada perempuan tidak menghalangi kami untuk tetap berkarya. Tim kecil yang kami bangun terdiri dari para perempuan, kami percaya perempuan memiliki peran dalam memberikan perubahan yang positif untuk lingkungan maupun dunia. Kami hadir untuk menemani perjalanan setiap manusia menemukan Ikigainya.
#JauhLebihDekat dengan Ikigai Consulting.

+62 812-2747-8988
info@ikigaiguild.com