Ikigai Consulting

Menggunakan Kaizen Untuk Memacu Kreativitas

Di dalam bukunya, One Small Step Can Change Your life: The Kaizen Way, Dr. Robert Maurer mendefinisikan Kaizen sebagai: 

 

Mengambil langkah kecil untuk mengembangkan kebiasaan, proses, atau sebuah produk. Atau, Kaizen bisa juga diartikan sebagai penggunaan momen-momen kecil untuk menginspirasi produk dan inovasi. 

 

Walaupun Kaizen terdengar seperti konsep Jepang, sesungguhnya konsep ini pertama kali diaplikasikan di Amerika di tahun 1930 an. 

 

Namun, beberapa dekade kemudian, konsep ini diaplikasikan oleh Jenderal Douglas MacArthur untuk membangun kembali Jepang setelah perang dunia ke 2. Pada awalnya orang-orang Jepang enggan untuk mengaplikasikan konsep ini, namun setelah melihat kemajuan negara Amerika, mereka mulai mengadopsi filosofi ini.

 

Selang beberapa tahun, filosofi ini mulai digunakan berbagai pengusaha Jepang dan alhasil, produktivitas pabrik-pabrik Jepang meningkat drastis. Filosofi ini kemudian diberikan nama Jepang: Kaizen dan menjadi salah satu filosofi Jepang paling penting sampai saat ini. 

 

Walaupun pada awalnya Kaizen merupakan sebuah konsep bisnis, Kaizen juga bisa digunakan untuk mencapai kesuksesan pribadi. 

 

Menurut Dr. Robert Maurer, Kaizen dapat membantu kita membangun kebiasaan dan keahlian tanpa perlu menguras motivasi, membuat kita lebih kreatif, dan menghalau ketakutan dalam bertindak. 

 

Salah satu pengaplikasian konsep Kaizen adalah menggunakan pertanyaan-pertanyaan kecil untuk memacu kreativitas.

 

Menurut Maurer, pertanyaan kecil mampu menciptakan sebuah lingkungan yang menyongsong kreativitas. 

 

Pada dasarnya otak kita menyukai pertanyaan dan dengan memberikan otak kita pertanyaan; otak kita akan secara proaktif mulai mencari solusinya. Namun, proses ini tidak akan terjadi jika pertanyaan kita terkesan terlalu besar dan terlalu mengintimidasi. 

 

Namun, dengan menanyakan pertanyaan-pertanyaan kecil, kita akan menghindari ‘fight or flight’ response otak kita. Pertanyaan Kaizen seperti: “Langkah terkecil apa yang bisa aku ambil untuk menjadi lebih efisien?” dapat menginspirasi otak kita untuk mendatangkan solusi yang bagus. 

 

Jika pertanyaan kita tidak mengintimidasi, otak kita dapat mengambil pertanyaan itu dan menjawabnya tanpa konflik.

 

Post a Comment:

+62 812-2747-8988
info@ikigaiguild.com